Pilih Laman

Elektronika merupakan ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah. Dalam menjalankannya yaitu dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel yang bermuatan listrik dalam suatu alat. Misalnya seperti komputer, peralatan elektronika, semikonduktor, termokopel dan lain sebagainya.

Ilmu yang memepelajari mengenai elektronika merupakan cabang dari ilmu fisika, sedangkan bentuk desain serta sirkuit elektroniknya merupakan bagian dari teknik elektro, teknik elektronika, teknik komputer, dan instrumentasi.

Penerapan elektronika dan instrumentasi pada kehidupan kita sehari-hari akan dibahas tuntas di artikel kali ini, yang mana ada banyak jika ingin mendalami ilmu elektronika, mulai dari pengertian elektronika berdasarkan definisi-definisi, cara kerja, jenis dan fungsi dasar yang digunakan oleh perangkat elektronika.

Salah satu hal yang terpenting yaitu dalam elektronika yaitu komponen elektronika. Komponen elektronika sendiri merupakan sebuah alat atau benda yang menjadi pendukung, pelengkap dari suatu rangkaian elektronika agar dapat bekerja sempurna, hal tersebut tentunya sesuai dengan kegunaannya masing-masing.

Misalnya mulai dari yang menempel pada papan rangkaian yang berupa PCB, CCB, Veroboard atau Protoboard. Cara penerapannya dengan disolder atau dengan kabel untuk penghubungnya.

Dalam kehidupan sehari-hari penerapan elektronika tidak hanya satu atau lebih dari bahan elektronika sendiri, baik itu yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi. Bahan-bahan elektronika tersebut jika disatukan menjadi desain rangkaian yang diinginkan bisa berfungsi sesuai dengan fungsinya masing-masing komponen, ada yang mengatur arus tegangan, menyekat arus, meratakan arus maupun memperkuat sinyal arus.

Penerapan Ilmu Elektronika di Kehidupan Sehari-hari

Di era teknologi informasi seperti sekarang ini, berbagai teknologi yang menggunakan elektronika bisa kita jumpai dimana saja, hampir semua bidang menggunakannya. Diantaranya dalam bidang industri, otomotif, dan lain sebagainya.

Berikut ini bidang-bidang yang menggunkan elektronika berdasarkan karakteristinya:

  • Komunikasi dan Hiburan – Telepon Kabel, Ponsel, Televisi, Radio, Audio/Video Player, Komputer dan Konsol Game.
  • Pengendalian dan Instrumen – Multimeter, Inverter, Frequency Counter, Osiloskop, Spectrum Analyzer, Pengendali Mesin produksi di industri-industri dan signal generator.
  • Aplikasi di Industri – Kualitas produk, Massa produk, Otomasi mesin produksi dan pengendalian pada ketebalan produk.

Anda bisa mempelajari komponen elektronika di situs teknik elektronika di Internet. Banyak sekali penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai refrensi.