Pilih Laman

Saat anda ingin menurunkan berat badan tentu munkin anda ingin melakukan diet ketat. Tak heran jika mereka yang ingin berkomitmen menurunkan berat badan akan mencoba berbagai diet dan rutinitas olahraga.

Namun bagaimana jika ada cara menurunkan berat badan yang lebih mudah untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ketat? ada sederet cara yang bisa Anda terapkan untuk mendapatkan berat badan ideal yang Anda impikan tanpa harus melakukan diet.

Menurut Anda apa yang harus dilakukan? Simak cara lengkapnya di bawah ini.

Gunakan piring kecil saat ingin menyantap makanan yang tidak sehat

Percaya atau tidak, ukuran piring bisa mempengaruhi porsi makan Anda. Menurut International Journal of Obesity, mata dapat menciptakan ilusi optik di otak. Jadi ukuran piring yang lebih besar membuat makanan tampak lebih sedikit, sehingga ada keinginan untuk mengambil porsi lebih banyak. Sedangkan piringnya yang kecil, membuat makanan terlihat penuh meski jumlahnya sedikit.

Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menghindari terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat.

Kunyah perlahan

Selain pemilihan piring, kecepatan makan juga dapat menentukan penambahan berat badan. Saat ini sudah banyak penelitian yang menyebutkan jika kita makan secara perlahan maka kita bisa mngontrol nafsu makan.

Selesai makan usus akan bereaksi untuk mengontrol rasa lapar. Bersamaan dengan itu, usus juga melepaskan hormon leptin untuk membantu perut terasa kenyang.

Jauhkan makanan yang tidak sehat dari pandangan

Karena ini adalah panduan menurunkan berat badan tanpa diet, Anda harus benar-benar memperhatikan apa yang Anda makan setiap hari. Pastikan Anda tidak hanya menghindari semua makanan tidak sehat, tetapi juga menjauhkannya dari pandangan.

Karena menurut International Journal of Obesity 2015, meletakkan makanan tidak sehat di sekitar Anda dapat meningkatkan keinginan makan dan memicu rasa lapar.

Makan Makanan yang tinggi protein

The American Journal of Clinical Nutrition 2008 menyatakan bahwa protein memiliki efek kuat untuk membuat kita merasa kenyang, mengurangi rasa lapar, dan membantu mengurangi konsumsi kalori.

Jadi Ladies bisa menambah asupan protein seperti sarapan dengan roti gandum utuh atau oatmeal, telur, dan sayuran. Ganti camilan dengan buah, yogurt, dan kacang-kacangan.

Hindari penggunaan gadget saat makan

Aturan untuk fokus saat makan bukan hanya agar kita bisa menikmati makanan. Namun juga bermanfaat untuk membantu menjaga porsi makan. Sebuah studi yang dilakukan oleh The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2013 menemukan bahwa orang yang biasa makan sambil menonton TV atau bermain ponsel mengalami peningkatan 10 persen dalam porsi makannya.

Tak hanya itu, mereka yang waktu makannya terganggu bisa mendapatkan asupan kalori 25 persen lebih banyak.

Tidur yang cukup untuk menghindari stres

Banyak hal yang terjadi dalam tubuh saat kita stres. Salah satunya adalah untuk membuat berat badan bertambah. Karena saat kita stres tubuh kita akan lebih banyak membutuhkan kalori yang mana nantinya bisa berujung dengan naiknya berat badan.

Kortisol adalah hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar adrenal yang meningkat karena tubuh merespons suatu ancaman. Namun, saat stres selalu menghampiri Anda, hormon kortisol bisa selalu muncul dan merangsang rasa lapar.

Untuk mengatasi hal tersebut, Ladies harus memiliki waktu tidur yang cukup. Setiap harinya sempatkan untuk tidur setidaknya 7 hingga 8 jam.