Pilih Laman

Kamar mandi merupakan tempat membersihkan tubuh, dan membuang hajat kotoran. Sehingga, jika tidak dapat merawat kebersihan kamar mandi secara rutin, maka akan mudah menjadi sumber penyakit bagi Anda dan keluarga Anda. Karena, tempat lembab dan kontor dapat dengan mudah menjadi sarang berkembang biaknya kuman.

Banyak riset yang mengungkapkan bahwa sebagian besar bakteri penyakit berasal dari tempat- tempat lembab seperti kamar mandi. Dalam beberapa riset juga turut dijabarkan bahwa, pada saat kamar mandi tidak terawat, bakteri dapat berkembang biak setiap dua puluh menit dengan jumlahnya sekitar lebih dari lima juta sel.

baca juga: Jasa bersih kamar mandi Jakarta

Kamar mandi merupakan salah satu dari sekian banyak kebutuhan dasar manusia. Mirisnya, masih ada atau banyak kamar mandi yang belum dapat dikatakan ideal dalam menjaga kebersihannya, baik kamar mandi umum maupun kamar mandi probadi. Pada artikel kali ini, kami akan menguraikan tentang cara merawat dan membersihkan kamar mandi yang benar.

Bersihkan Closet dengan Benar dan Rutin

Closet merupakan salah satu bagian penting dalam menjaga kebersihan kamar mandi. Jika tidak dibersihkan secara rutin closet pun akan menjadi kotor berkerak, penuh noda dan sarang bakteri. Menjaga kebersihan closet sama halnya dengan menjaga berkembangnya virus kuman penyakit untuk berkembang biak di dalam rumah.

Membersihkan closet dimulai dengan pembersihan syphon atau jet washer pada closet. Pada bagian Syphon banyak terdapat bakteri, hingga penting untuk dibersihkan. Bersihkan dengan menggunakan sikat, agar bakteri yang pada celah- celah yang tersembunyi dapat terangkat. Jika sudah dibersihkan, keringkan dengan lap.

Selanjutnya, bersihkan seluruh bagian lubang closet dengan sikat. Jika closet Anda memiliki kerak yang membandel, Anda dapat menggunakan beberapa produk pembersih kamar mandi ataupun produk alami yang dapat membuat closet menjadi kinclong kembali. Jika, closet yang ada miliki adalah closet duduk, jangan lupa juga untuk membersihkan tutup dan dudukan closet.

baca juga: vacuum tungau Jakarta

Membersihkan Kaca dan Bagian Kamar Mandi Secara Merata

Selain bak mandi yang harus dibersihkan secara rutin, kaca kamar mandi juga menjadi bagian penting yang juga harus dibersihkan. Kaca di kamar mandi dapat berubah menjadi buram. Penyebabnya, karena terkena cipratan air, buih sabun dan sampo. Untuk itu, Anda perlu membersihkan kaca kamar mandi secara rutin.

Tidak hanya membersihkan kaca, untuk membasmi perkembangbiakan bakteri, Anda juga harus membersihkan bagian bagian celah kamar mandi secara merata. Misalnya, area himpitan pojok kamar mandi, pancuran shower, tempat penyimpanan alat- alat mandi dan lainnya yang sering ditumbuhi jamur. Jangan menyepelekan area- area tersebut, kuman dan bakteri bisa saja tumbuh dan berkembang disana.

Jagalah Kestabilan Suhu Kamar mandi

Jagalah kestabilan suhu kamar mandi melalui adanya ketersediaan fentilasi. Kamar mandi yang ideal adalah kamar mandi yang tidak pengap dan tidak lembab. Kamar mandi tanpa fentilasi dapat menjadi penyebab bau tidak sedap dan pengap. Melalui ventilasi, udara akan dialirkan keluar – masuk agar udara di kamar mandi selalu berganti.

Jadi, seperti itulah beberapa cara untuk merawat kamar mandi, agar tidak menjadi tempat tumbuh dan berkembangnya bakteri penyakit. Selamat mencoba untuk menjaga kebersihan kamar mandi dengan tips diatas, dan Anda akan mendapatkan kamar mandi yang bersih, bebas bakteri dan segar.