Pilih Laman

Untuk melangsungkan acara pernikahan atau tunangan, maka salah satu perhiasan yang perlu ada adalah cincin. Model cincin tunangan berlian asli dan terbaru bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk momen penting tersebut.

Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Sebagian besar orang menganggap bahwa cincin menjadi suatu lambang kesetiaan, keserasian, dan kebersamaan antara dua orang yang berpasangan.

Namun ternyata sebagian besar menganggap bahwa cincin pertunangan dan pernikahan adalah sama. Padahal kedua momen tersebut merupakan hal yang berbeda, lantas apakah hal tersebut efisien?

Kenali Perbedaan Antara Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Untuk menjawab hal tersebut mari simak ulasan berikut terkait dengan perbedaan antara cincin kawin dan cincin tunangan. Penasaran? Berikut ini ulasannya.

1. Cincin Tunangan Tidak Harus Sepasang

Berbeda dengan cincin kawin, untuk cincin tunangan dalam penggunaannya tidak harus sepasang. Alias bisa hanya satu saja diperuntukkan untuk si calon pengantin wanita misalnya. Secara umum pihak pria yang memberikan cincin tunangan untuk si wanita.

Hal ini sebagai simbol bahwa keduanya sudah memiliki ikatan lebih serius. Namun meski demikian tetap bisa saja menggunakan cincin tunangan dengan sepasang. Yaitu untuk si laki-laki dan untuk si perempuan.

2. Cincin Tunangan Merupakan Tanda Kesiapan Seorang Lelaki

Cincin tunangan sebenarnya fungsinya adalah sebagai simbol kesiapan seorang laki-laki ketika hendak melamar si wanita. Namun bukan berarti ketika calon Anda tidak membawa cincin tidak siap untuk mengajak ke jenjang serius.

Namun sesuai dengan tradisi dan hal yang umumnya terjadi demikian. Dan jelas dengan memberikan cincin pertunangan kepada wanita, maka si wanita sudah tidak bisa lagi available kepada laki-laki lainnya. 

3. Cincin Nikah Memiliki Desain Lebih Simpel

Desain cincin nikah lebih simpel ketimbang cincin tunangan. Hal ini karena pemakaian cincin nikah intensitasnya lebih sering ketimbang cincin tunangan. 

Sehingga kebanyakan orang memilih desain yang simpel dan nyaman ketika digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

4. Cincin Tunangan dan Cincin Kawin Bisa Digunakan Bersamaan

Meskipun ada perbedaan, namun tetap sah saja apabila Anda menggunakan cincin tunangan sebagai cincin kawin. Namun hal ini tentu perlu melakukan komunikasi antara kedua pihak dengan lebih intens. Sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman.

5. Posisi Cincin dan Pemberian Cincin

Untuk cincin lamaran seringkali orang gunakan pada posisi jari manis di bagian tangan kiri. Sedangkan cincin kawin ada di jari manis sebelah kanan. Namun dalam hal ini masyarakat tidak mengambil pusing dan menganggap keduanya adalah hal yang sama.

Perbedaanya lagi ada di waktu pemberian. Untuk cincin kawin tentunya diberikan saat proses akad. Sedangkan untuk cincin lamaran diberikan saat proses tunangan yang mana keduanya sama-sama setuju untuk melanjutkan hubungan lebih serius.

Nah, itulah beberapa informasi terkait dengan perbedaan antara cincin kawin dan cincin tunangan. Bagi Anda yang mencari berbagai model cincin tunangan berlian asli dan terbaru bisa mengunjungi situs website Adelle Jewellery. Selamat mencoba.