Pilih Laman

Singkatnya, energi terbarukan ini merupakan salah satu energi yang dihasilkan dari alam dan dapat dimanfaatkan keberadaannya. Pada dasarnya, energi terbarukan ini dapat dimanfaatkan secara bebas dan dapat digunakan secara terus menerus, ketersediaan yang diberikan oleh energi terbarukan juga sangat melimpah. Maka, tidak perlu khawatir lagi kehabisan sumber energi tersebut karena tersedia di alam dalam waktu yang panjang.

Masyarakat yang menyebut ini sebagai salah satu energi terbarukan dinilai mengurangi adanya dampak lingkungan atau pencemaran terhadap lingkungan dan dapat dibilang aman digunakan oleh masyarakat. Ada beberapa alasan mengapa masyarakat harus memilih energi terbarukan dan dapat dimanfaatkan secara luas, salah satu alasan tersebut karena ketersediaannya yang melimpah dan tidak menghasilkan polusi. Adapun kekurangan energi terbarukan kelebihan sebagai berikut:

Kelebihan Energi Terbarukan

Energi terbarukan sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, adapun beberapa kelebihan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di antaranya:

  1. Energi terbarukan tersedia melimpah di alam, tidak akan habis serta ramah lingkungan.
  2. Sumber energi terbarukan ini juga dapat dimanfaatkan secara gratis.
  3. Untuk mengolah energi terbarukan ini, juga memiliki perawatan relatif lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan teknologi yang tidak memanfaatkan energi terbarukan.
  4. Apabila masyarakat menggunakan energi terbarukan ini, maka tidak perlu lagi mengimpor bahan fosil dari luar negeri.
  5. Memanfaatkan energi terbarukan juga dapat membantu atau mendorong perekonomian Indonesia dan menciptakan peluang kerja.

Kekurangan energi terbarukan

Meskipun banyak sekali manfaat saat memanfaatkan energi terbarukan, tetap saja energi terbarukan ini juga memiliki kekurangan. Berikut merupakan kekurangan-kekurangan yang dimiliki energi terbarukan:

  1. Biaya yang dibutuhkan lebih banyak
  2. Apabila menggunakan energi terbarukan, maka sebagian besar sumber energi ini juga akan terkendala oleh faktor cuaca.
  3. Energi terbarukan yang sudah dihasilkan harus disimpan dalam penyimpanan agar energi tidak terbuang secara sia-sia.
  4. Masing-masing dari sumber energi terbarukan masih memiliki kelemahan teknis.
  5. Beberapa teknologi juga masih bersifat eksperimental